Kali ini saya bukan mau curhat atau nyampah di blog sendiri :D saya mau berbagi tentang tes prestasi. Kata orang, tak kenal maka tak sayang, jadi supaya bisa sayang sayangan sama tes prestasi, kita kenalan dulu :p
Oke, jadi tes prestasi itu salah satu nama dari sekian
banyak spesies alat tes. Penjelasannya? Cekidot.
Saifuddin Azwar (2003: 9) menyatakan bahwa tes prestasi
hasil belajar adalah tes yang disusun secara terencana untuk mengungkap
informasi subyek atas bahan-bahan yang telah diajarkan. Menurut Anas Sudijono
(2005: 73) tes prestasi hasil belajar adalah tes yang digunakan untuk
mengungkap tingkat pencapaian belajar.
Dari beberapa pengertian di atas, ada satu benang merah yang sepertinya disepakati yaitu bahwa tes prestasi hasil belajar merupakan salah satu cara untuk menelusuri kemampuan-kemampuan yang telah dimiliki siswa setelah mengikuti proses belajar mengajar selama waktu tertentu. Meskipun tes bukanlah satu-satunya cara untuk mengungkap hasil belajar siswa, tetapi ia merupakan alat yang paling sering digunakan karena kepraktisan penggunaannya serta biaya yang murah.
Dari beberapa pengertian di atas, ada satu benang merah yang sepertinya disepakati yaitu bahwa tes prestasi hasil belajar merupakan salah satu cara untuk menelusuri kemampuan-kemampuan yang telah dimiliki siswa setelah mengikuti proses belajar mengajar selama waktu tertentu. Meskipun tes bukanlah satu-satunya cara untuk mengungkap hasil belajar siswa, tetapi ia merupakan alat yang paling sering digunakan karena kepraktisan penggunaannya serta biaya yang murah.
Gimana setelah kenalan? Mau tau lebih lanjut? Mau PDKT? Mari
saya comblangin :D
Setiap kegiatan belajar harus diketahui sejauh mana proses
belajar tersebut telah memberikan nilai tambah bagi kemampuan siswa. Salah satu
cara untuk melihat peningkatan kemampuan tersebut adalah dengan melakukan tes.
Jadi karena alesan itu, tes prestasi ini menjadi penting dong untuk para siswa
dan pengajar. Mungkin aja kalo ga ada tes prestasi ini kita ga tau sejauh mana
perkembangan yang sudah dicapai siswa. Maju kah, mundur kah, berhenti kah,
jongkok kah, atau mungkin selonjoran?
Lanjut lagi? Yuk lewat sini.
Kalo kita lirik-lirik fungsinya, tes prestasi ini punya dua
fungsi;
1.
Tes sebagai pengukur prestasi
Robert L.Ebel(1979) mengatakan bahwa fungsi
utama tes prestasi dikelas adalah mengukur prestasi belajar para siswa. Adalah suatu
kesalahfahaman bila menggangap bahwa apa yang dapat dilakukan oleh tes prestasi
semata-mata memberikan angka untuk dimasukkan kedalam rapor murid atau kedalam laporan
hasil study mahasiswa. Sesungguhnya prosedur tes guna mengukur prestasi
mengandung nilai-nilai pendidikan yang sangat penting, dimana tes membantu para
guru/pendidik memberikan nilai yang valid dan akurat. Terdapat persepsi yang
sangat kuat dalam diri siswa maupun mahasiswa dimana nilai yang baik merupakan
tanda keberhasilan belajar yang tinggi sedangkan nilai tes dianggap sebagai satu-satunya
indicator yang mempunyai arti penting maka nilai itulah yang biasanya menjadi
target usaha meraka dalam belajar.
2.
Tes sebagai Motivator dalam Belajar
Hampir semua ahli teori belajar, baik
pengikut faham behaviorisme maupun kognitivisme, menekankan pentingnya umpan
balik berupa nilai guna meningkatkan belajar (thorndike,et.al.,1991).
Pengalaman menunjukkan bahwa siswa akan belajar lebih giat dan berusaha lebih
keras apabila mereka mengetahui bahwa di akhir program dilakukan tes untuk
mengetahui nilai dan prestasi mereka. Robert L.Ebel(1979) mengemukkakan pula
bahwa tes kadang-kadang dianggap sebagai motivator ekstrinsik atau motivator
dari luar diri. Memperoleh nilai baik adalah suatu rewarding learning
experience, yaitu pengalaman belajar yang menyenangkan.
Dan bagi saya pribadi dari sudut pandang
seorang pelajar (berasa ikutan jadi ahli ceritanya :D), tes prestasi ini sangat
diperlukan, karena dalam beberapa pengalaman, pelajar cenderung tidak mengulang
atau bahkan melupakan pelajaran yang diterima dikelas apabila tidak
diberlakukannya tes prestasi. Tentunya itu kembali ke pribadi si pelajar
masing-masing. Namun, saya setuju apabila disetiap mata pelajaran atau mata
kuliah diberikan tes prestasi. Karena hal ini dapat membantu pelajar untuk
mengulang dan mengingat materi yang dipelajari.
Oke selesai, semoga pembaca bisa berjodoh
dengan si tes prestasi ini :p
http://sflussy.blogspot.com/2014/09/apa-kata-mereka-tentang-tes-prestasi.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar